Sampah Organik Diolah Menjadi POC oleh Pemuda Tegalgede

  • Aug 07, 2024
  • ARIEF
  • INFO PENDIDIKAN

KIM Tegalgede - Karang taruna Tegalgede yang barusan dibentuk ternyata mempunyai misi yang sejalan dengan kelurahan Tegalgede, yaitu pengelolaan sampah yang berkelanjutan. Selasa (06/08/2024) beberapa anggota karang taruna dan KKN kolaboratif 238 mengadakan presentasi pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) POC dihadapan 3 pilar, DPL dan beberapa media daring.

Pelaksanaan kegiatan tersebut bertempat di salah satu rumah makan di Jalan Danau Toba 7, Baturaden. Karang taruna dan anggota KKN menyakinkan bahwa untuk mengurangi sampah rumah tangga, salah satunya adalah dengan pembuatan POC. Sampah organik seperti sisa makanan, sayur, dan buah bisa diolah kembali dijadikan POC yang tentu memiliki nilai manfaat.

Mengolah sampah organik menjadi POC juga terbilang mudah. Cukup memilah sampah dan tempatkan kedalam wadah berpenutup kemudian tambahkan larutan EM4, cairan gula, ampas teh dan air. Selanjutnya tutup campuran bahan tersebut dan diamkan selama 2 minggu untuk proses fermentasi. Setelah dua minggu larutan tersebut kemudian disaring dan hasil fermentasi tersebut sudah menjadi POC dan bisa digunakan sebagai pupuk tanaman.

Presentasi yang dihadiri oleh Lurah Tegalgede Abdul Kamil, S.Si., S.Sos., MM., N.LP, Babinsa Serka Sugino (Babinsa), dan dosen pembimbing lapangan Novita Nurul Islami, M.Pd. Dengan kegiatan ini semoga pengelolaan sampah di Tegalgede bisa semakin baik dan berkelanjutan.

Kegiatan pengelolaan sampah yang melibatkan mahasiswa KKN kolaboratif  di Tegalgede sebenarnya bukanlah hal baru. Tahun 2023 KKN kolaboratif 236 juga mempunyai proker yang serupa yaitu tentang pilah sampah. Bersamaan dengan peringatan HUT Ri ke 79, mahasiswa bahkan membuat lomba tentang pilah sampah. Detail kegiatan tersebut bisa dilihat disini dan disini.