Mengatasi Permasalahan Sampah Tegalgede dengan Bank Sampah

  • Aug 22, 2023
  • ARIEF
  • INFO KELURAHAN, INFO SEDULUR TEGALGEDE

Masih banyak masyarakat Tegelgede yang menganggap sampah adalah barang kotor. Kalau sampah tidak dibakar, maka dibuang begitu saja. Padahal jika sampah dikelola dengan baik bisa menghasilkan uang. Hadirnya mahasiswa KKN 236 ditengah masyarakat kelurahan Tegalgede membawa suasa baru. Masyarakat diedukasi tentang bagaimana mengelola sampah. Mahasiswa bahkan juga mengadakan lomba pilah sampah yang bisa diikuti warga. Untuk detail kegiatan lomba pilah sampah bisa dilihat disini.

Selasa, 22 Agustus 2023 terlihat aktivitas lalu-lalang warga yang membawa sampah ke bank sampah KKN 236. Bank sampah ini terletak di pojok sebelah selatan kantor kelurahan Tegalgede. Mahasiswa KKN yang terdiri dari gabungan lima universitas di kabupaten Jember. UNEJUMSJUDSIAIQ, dan UIJ adalah universitas dan institut yang saling berkolaborasi dalam KKN 236. Mahasiswa KKN 236 menadakan program dan berkolaborasi dibawah bimbingan Bapak HBA Jayawardana, M.Pd selaku DPL.

Dari penuturan Abdul Kamil, S.Sos, NL.P, lurah Tegalgede, bank sampah di kelurahan Tegalgede sebenarnya sudah ada. Akan tetapi baru satu dan itupun baru dikelola oleh pkk kelurahan Tegalgede. Pihak kelurahan sangat berterima kasih atas program yang telah dibuat. Mengingat edukasi tentang pilah sampah sebelumnya belum pernah diadakan. Diharapkan program ini bisa berkelanjutan dan sustain sehingga bisa merubah cara berfikir warga yang tadinya hanya sekedar buang sampah menjadi pilah sampah.

Kegiatan bank sampah ini diliput oleh dua media berita daring, yaitu NTV News dan Antara News. Alhamdullilah respon yang baik disampaikan oleh kedua media tersebut. Kanal Youtube kelurahan Tegalgede juga menayangkan program KKN 236 tersebut. Selengkapnya sobat reng Tegalgede bisa melihatnya disini