Membuka Wacana RDT di Halaman Gedung RUMANTIS Tegalgede

  • Nov 13, 2023
  • ARIEF
  • INFO PENDIDIKAN

KIM Tegalgede - Minggu 12 November 2023 Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) Info Reng Tegalgede bersama Tiga Pilar (Kepala Desa/Lurah, Bhabinkamtibmas, Babinsa) Kelurahan Tegalgede dan staff kelurahan menggelar sarasehan sederhana di halaman gedung Rumah Layanan Integrasi dan Informasi Statistik (RUMANTIS) membahas agenda kegiatan bulan November. KIM Tegalgede membuka wacana Ruang Diskusi Terbuka (RDT), yaitu kegiatan yang diskusi yang bersifat semi formal dengan memanfaatkan halaman gedung RUMANTIS yang sudah terlihat semakin cantik di lingkungan Kelurahan Tegalgede.

Dalam sarasehan yang dimulai pada pukul 19.30 disepakati bahwa akan ada agenda kegiatan sosialisasi yang melibatkan Tiga Pilar kelurahan akan dilaksanakan pada tanggal 19 dan 26 November 2023 di RDT. Sosialisasi tersebut akan dibungkus menarik dengan hiburan akustik, tanya-jawab, kopi dan cemilan tradisional sederhana. KIM juga berencana mengundang beberapa UMKM Tegalgede untuk memeriahkan agenda sosialisasi. Acara tersbut juga akan disiarkan secara Live via Youtube dan Instagram jika memungkinkan mengingat kedua aplikasi tersebut tidak tersingkronisasi secara otomatis.

RDT adalah salah satu sarana terbaik untuk menyediakan ruang diskusi yang santai dan akrab. Suasana tersebut tidak akan didapatkan jika pelaksanaannya berada di tempat yang tertutup / di dalam ruangan. RDT secara tidak langsung juga akan membuka wacana masyarakat untuk menjaga lingkungan. Diskusi di ruang terbuka tidak akan tercipta jika halamannya banyak sampah, tidak terjaga dan tidak cantik.

Dalam rencana yang sudah dikaji bersama dengan anggota KIM Tegalgede, halaman gedung RUMANTIS yang berseberangan dengan mushola kelurahan Tegalgede akan secara aktif difungsikan sebagai RDT kelurahan Tegalgede. Wacana yang dibangun adalah melaksanakan diskusi di RDT minimal satu bulan satu kali dengan berbagai macam topik menarik. Jika wacana Ruang Terbuka Hijau sudah menggema di masyarakat, maka wacana RDT akan coba digaungkan oleh KIM Tegalgede. Selain memanfaatkan lahan terbuka, juga menggugah semangat menjaga kebersihan lingkungan sekitar.