Kreativitas RT 03 RW 04 Dalam Mengolah Sampah Menjadi Kostum Karnaval

  • Sep 03, 2023
  • ARIEF
  • INFO UMUM

KIM Kab. Jember, KIM Info Reng Tegalgede media partner kelurahan Tegalgede menemukan sesuatu yang unik. Kreativitas Warga RT 03 RW 04 yang membuat berbagai macam kostum karnaval dengan limbah sampah kertas dan plastik. Ide ini muncul karena dalam kurun waktu dua  bulan belakangan ada sosialisasi tentang pilah sampah. Sebuah program khusus dari KKN 236 yang bekerjasama dengan Kelurahan Tegalgede. Berita selengkapnya bisa dilihat disini.

Minggu, 27 Agustus 2023 masyarakat Tegalgede tumpah ruah memenuhi rute Karnaval Budaya Tegalgede. Bukan hanya masyarakatnya yang bersemangat tetapi pesertanya juga. Tidak kurang dari 1000 peserta hadir dan salah satunya adalah peserta dari RT 03 RW 04. RT ini adalah binaan dari Suwawan, yang juga merupakan Ketua KIM Info Reng Tegalgede. Kostumnya unik, temanya menarik, yaitu kemerdekaan. Tidak kurang dari 50 peserta diturunkan untuk berpartisipasi. Uniknya semua peserta memakai bahan limbah kertas dan plastik.

Yang pertama adalah barisan kendaraan tempur. Terlihat ada miniatur tank, pesawat, sepeda ambulance, dll. Semua kendaraan tersebut bernuansa hijau army dan ada nuasa merah putih khas kemerdeaan. Yang unik adalah miniatur tersebut kesemuanya terbuat dari limbah kertas dan plastik. Rangka dari miniatur terbuat dari bambu yang dirangkai lalu ditutup menggunakan kertas yang diwarnai hijau, merah dan putih.

Selain kendaraan tempur, ada pula barisan ibu-ibu yang menggunakan kostum khas kemerdekaan. Merah dan putih. Kostum tersebut terbuat dari plastik dan kertas bekas yang sudah dipilah. Dirangkai lalu dijadikan satu menggunakan lem dan sebagian dijahit tipis. Tapi tidak hanya berhenti di kostum saja. Tidak mau kalah dengan yang muda, pasukan ibu-ibu yang berkostum merah putih juga sudah menyiapkan tarian dengan koreografi yang asyik. Sudah unik, menarik, lalu asyik dengan alunan musik.

Kreativitas warga RT 03 RW 04 patut diacungi jempol. Masyarakatnya tidak hanya sekedar peduli dengan kebersihan tetapi juga peduli dengan lingkungan. Hasil jerih payah memilah sampah dan memanfaatkan kembali sampah tersebut menjadi kostum adalah buktinya.