TOP! Semangat Warga RT 03 RW 04 dalam Lomba Pilah Sampah

  • Aug 16, 2023
  • ARIEF
  • INFO KEGIATAN, INFO PENDIDIKAN, INFO SEDULUR TEGALGEDE

Siapa sangka lomba pilah sampah bisa sangat menarik? Kegiatan lomba ini adalah ide kreatif mahasiswa KKN 236 yang didukung oleh masyarakat Tegalgede dan sekaligus kelurahan. Dukungan kelurahan terlihat dari turun gunung-nya Abdul Kamil, S.Sos selaku lurah Tegalgede untuk ikut dalam sosialisasi. Masyarakatpun juga ikut antusias. Banyak yang datang untuk meramaikan kegiatan lomba pilah sampah ini, termasuk warga kampung baru RT 03 RW 04 binaan Suwawan. Ketua RT 03 sekaligus Ketua KIM Info Reng Tegalgede.

"Program ini bagus" tutur Suwawan. Biasanya lomba untuk menyambut HUT RI hanya sekedar lomba kebersihan tapi kali ini beda. Lomba pilah sampah, ini terobosan baru. Kalau hanya membersihkan semua warga insyaallah sudah terbiasa untuk melaksanakannya, tapi kalau memilah sampah belum tentu. Sampah rumah tangga biasanya kita jadikan saru dalam satu kantong plastik atau langsung dibuang di tong sampah. Warga tidak terbiasa memilah sampah basah dan kering, plastik dan kertas, tidak terbiasa dengan mindset recycling apalagi reduce.

Dari sejumlah warga yang sudah antri berkumpul di rumah Suwawan, sosialisasi lomba pilah sampah ini terlihat sukses. Harapan dari KKN 236 antusiasme warga di RT lain bisa setinggi RT 03. Mengingat manfaat dari lomba sampah ini kembali lagi ke masyarakat. Warga semakin peka terhadap limbah plastik dan kertas, lingkungan semakin bersih, kesehatan masyarakat semakin terjamin karena pengelolaan sampah sudah baik minimal dari hulu-nya. Memilah sampah baru sebagaian kecil dari pengelolaan sampah. Jika saja sampah yang yang sudah dipilah bisa digunakan lagi (reuse) dengan cara didaur ulang (recycle) maka akan bisa mengurangi (reduce) volume sampah yang nantinya akan menumpuk di hilir (TPA).