De Oosthoek Fest, UMKM Terbaik Tapal Kuda Berkumpul.

  • Nov 03, 2023
  • ARIEF
  • INFO PARIWISATA

KIM Tegalgede - De Oosthoek Fest resmi dibuka hari ini Jumat (03/11/2023) oleh panitia kegiatan dan dihadiri oleh pejabat pemerintah daerah Probolinggo, Lumajang, Jember, Situbondo, Bondowoso, dan Banyuwangi. Acara ini merupakan bagaian dari rangkaian acara memeriahkan Hari Jadi Ke-78 Provinsi Jawa Timur. Selain menampilkan ragam budaya, acara ini juga menunjukan beberapa UMKM terbaik di wilayah Tapal Kuda.

"De Oosthoek Fest diyakini bisa menjadi wahana terbaik edukasi terbaik memperkenalkan produk-produk lokal di Tapal Kuda." Ujar asisten 3 Pemerintah Kabupaten Jember Harry Agus Triono dalam sambutannya. Ada berbagai macam batik khas di masing-masing daerah dan ada juga produk kerajinan yang sangat kreatif produksi rumahan. Produk kopi yang menjadi andalan provinsi Jawa Timur juga mewarnai acara De Oosthoek Fest.

Dalam sambutannya, nana Fadjar Prijantoro juga menyampaikan bahwa "De Oosthoek merupakan istilah Belanda yang dikenal secara umum sebagai wilayah ujung timur Pulau jawa, yaitu Tapal Kuda (Probolinggo, Lumajang, Jember, Situbondo, Bondowoso, dan Banyuwangi)." Dalam acara ini beliau juga mengenakan pakaian khas orang Belanda. Seluruh pegawai Bakorwil V Jember yang menjadi panitia acara juga mengenakan pakaian khas sebelum kemerdekaan. Selain menghadirkan acara budaya dan gelar UMKM, panitia juga ingin menghidupkan suasana late 1945.

Acara De Oosthoek akan berlangsung sampai hari ini Minggu (06/11/2023) yang akan ditutup dnegan acara jalan sehat. Jika penasaran dengan run down acara bisa kalian lihat disini