Pertemuan Perdana KIM Tingkat Kabupaten

  • Oct 05, 2023
  • ARIEF
  • INFO PENDIDIKAN

Rabu, 04 Oktober 2023 menjadi hari yang cukup berkesan bagi seluruh anggota KIM di Kabupaten Jember. Untuk pertama kalinya seluruh KIM dipertemukan dan berkesempadan untuk diskusi terbuka dengan Kominfo Jember. Acara yang berlangsung mulai dari pukul 10.00 dan dibuka oleh Kepala Bidang Aspirasi dan Layanan Informasi Publik Rahmat Agung Purnama S. Kom, M Eng.

Pelaksanaan acara berada di Aula Balai Desa Kemuningsari kidul Kecamatan Jenggawah. Sebuah balai desa yang cukup viral karena bangunannya mirip sekali dengan istana negara. Setidaknya ada sekitar 150 orang yang bergabung dalam pertemuan ini. Tujuan diadakannya pertemuan ini adalah supaya antara kim satu dengan yang lainnya bisa saling mengenal. Pertemuan ini juga diharapkan bisa menyerap aspirasi seluruh KIM yang tersebar di Jember. Supaya antara permintaan dan penawaran bisa beririsan, bertemu dan saling memenuhi.

KIM Info Reng Tegalgede mengirimkan dua personilnya. Yaitu adalah Ketua KIM Info Reng Tegalgede, Sudarmawan, dan Ketua Bidang Organisasi dan SDM Peningkatan SDM, Solikin. "KIM Tegalgede adalah salah satu KIM yang cukup membanggakan diantara 75 KIM yang lain" tutur Darmawan. KIM Tegalgede masih mendapatkan posisi pertama dengan jumlah pengunjung website terbanyak di Jember. Selain itu KIM Tegalgede juga pernah merasakan kursi panas seleksi tingkat provinsi Village Branding Hackathon yang diadakan oleh KOMINFO Jawa Timur. 

Dalam susunan acara yang sudah dibuat oleh Kominfo, setidaknya masmin bisa mengambil tiga pokok bahasan. Yang pertama adalah untuk menyerap aspirasi seluruh KIM di Jember, yang kedua adalah untuk sharing pengalaman KIM TIrto Gumitir yang menang Lomba KIM tingkat provinsi, yang ketiga adalah berbagi ilmu dengan Jurnalis dan Pegiat Sosial Media. Ketiga pokok bahasan ini sangat bermanfaat bagi anggota KIM Jember. Selain untuk memperluas wawasan dalam meningkatkan potensi KIM, juga sebagai sarana silaturahmi antara KIM dan Kominfo Jember.

Pertemuan ini memang pertama kali tetapi tidak untuk yang terakhir kali. Dalam pertemuan singkat masmin dengan Kabid Aspirasi dan Layanan Informasi Publik, akan ada pertemuan-pertemuan selanjutnya sehingga antar KIM bisa semakin solid. Nantinya pertemuan akan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dasar para pengiat KIM. Masmin berharap semua anggota KIM bisa menyambut kabar baik yang sudah diberikan oleh KOMINFO Jember. Menjadikan KIM sebagai media partner yang memberikan aura positif kepada masyarakat Jember