KIM Tegalgede goes to Surabaya

  • Sep 13, 2023
  • ARIEF
  • INFO UMUM, INFO SEDULUR TEGALGEDE

KIM Kab. Jember, KIM Info Reng Tegalgede media partner kelurahan Tegalgede mengikuti seleksi KIM tingkat Jawa Timur. Acara yang dibalut dengan tema besar "Village Branding Hackathon" diselenggarakan oleh KOMINFO Jatim yang bersinergi dengan Junior Chamber International (JCI). Dari Kabupaten Jember, KIM Info Reng Tegalgede dan KIM Tirto Gumitir, berangkat untuk megikuti seleksi tingkat provinsi.

Rabu, 13 September 2023 KIM Info Reng Tegalgede dan KIM Tirto Gumitir mewakili Kabupaten Jember dalam rangkaian acara Village Branding Hackathon. Rombongan berangkat dari Jember didampingi oleh Kepala Bidang Aspirasi dan Layanan Informasi Publik Rahmat Agung Purnama S. Kom, M Eng. KIM Info Reng Tegalgede mengirimkan tiga perwakilan yaitu, Sudarmawan, Slamet Baskoro, dan Arief Nur Hartanto. Adapun KIM Tirto Gumitir mengirimkan dua orang yaitu, Muhammad Ilham dan Khoirul Eko Kurniawan. Seleksi tingkat provinsi ini diikuti oleh 30 KIM yang berasal dari 15 Kabupaten dan Kota di Jawa Timur. Jadwal tahapan presentasi dibagi menjadi dua hari. Hari Rabu 13 September 2023 dan hari kamis 14 september 2023. Perwakilan dari Jember mendapatkan kesempatan untuk presentasi di hari pertama. 

Anggota KIM Tegalgede mendapat support penuh dari pemerintah daerah. Tidak hanya mendapatkan dukungan materiil tapi juga moril. Disela-sela perjalanan kami, Abdul Kamil selaku lurah Tegalgede selalu memonitor kesiapan anggota. Tidak hanya by Whatsapp beliau juga sempat berkomunikasi dengan Sudarmawan selaku ketua KIM. Bapak Camat Sumbersari, Regar Jeane, bahkan menyempatkan hadir di gedung Kominfo Surabaya. Beliau juga mendampingi anggota KIM di dalam ruangan, memperhatikan paparan dan diskusi tanya-jawab dewan juri dengan anggota KIM. Dukungan ini begitu berarti bagi anggota KIM Tegalgede.

Dalam waktu sekitar 20 menit yang diberikan oleh keempat dewan juri, mayoritas dihabiskan dalam tanya jawab. Sesi 5 menit adalah paparan singkat tentang proposal sedangkan 15 menit adalah sesi tanya jawab. Alhamdullilah dalam sesi tanya jawab, anggota KIM diberikan kelancaran. Semua materi disampaikan dengan baik. Bahkan ada satu juri yang melemparkan empat pertanyaan.

Usaha tidak mengkhianati hasil. Meski KIM Info Reng Tegalgede baru seumur jagung mendapatkan kesempatan lolos mewakili Jember adalah sebuah hasil yang tidak terduga. Usaha yang dicurahkan anggota KIM yang bersinergi dengan UMKM, sanggar kesenian, dan seluruh masyarakat Tegalgede terbayar sudah. Untuk selanjutnya Tim KIM Tegalgede berharap dapat lolos sebagai 15 besar KIM Provinsi Jawa Timur untuk mengikuti seleksi tingkat nasional. Dengan begitu, kami bisa membawa ide besar dalam bentuk proposal kami ke tingkat yang lebih tinggi.