Terobosan Radikal Tegalgede Dengan Siaran Langsung Administrasi Daring via Tiktok Live

  • Jan 03, 2024
  • ARIEF
  • INFO KELURAHAN

KIM Tegalgede - Lurah Tegalgede Abdul Kamil, S.Si., S.Sos., MM., N.LP membuat terobosan radikal tetapi cukup kreatif yaitu menjajal layanan administrasi daring real time dengan memanfaatkan aplikasi TikTok yang dilaksanakan pada Selasa (02/01/24) mulai pukul 15.30-selesai di Kelurahan Tegalgede. Pelayanan ini diharapkan bisa menjangkau audience yang lebih luas lagi yaitu gen Y, Z dan alpha sehingga familier dengan proses administrasi kelurahan yang semakin keren dan modern.

Selain bertujuan untuk menjangkau pemirsa yang lebih luas, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi publik seluruh pegawai kelurahan Tegalgede. Layanan administrasi daring real time pada prakteknya bisa menjangkau kurang lebih 200 pemirsa dengan beragam jenis pertanyaan. Misalnya ada yang bertanya tentang bagaimana langkah mengurus Nomor Induk Berusaha (NIB), perbedaan Surat Keterangan Usaha (SKU) dan NIB, dll. Layanan daring langsung seperti ini sangat rentan dengan pertanyaan-pertanyaan mengejutkan atau bahkan keluhan langsung, oleh karena itu kami menyebutnya Terobosan Radikal atau generasi sekarang menyebutnya dengan tampan dan pemberani.

Siaran langsung layanan daring rencananya akan dilakukan secara rutin setiap hari pada pukul 15.30-selesai. Untuk menanggulangi pertanyaan yang tidak relevan, setiap sesi akan diberi topik. Dengan adanya topik pemirsa bisa semakin fokus, narasi bisa semakin terarah dan pertanyaan bisa semakin tajam. KIM Tegalgede sebagai mitra Kelurahan Tegalgede juga tetap akan berkolaborasi dengan memberikan edukasi dari sisi pemanfaatan dan pemanfaatan teknologi serta breffing singkat tentang komunikasi publik yang terarah.

Sebagai salah satu kelurahan yang mendapatkan penghargaan Keterbukaan Informasi Publik, semoga terobosan ini bisa menjadi catatan tersendiri terkait layanan administrasi daring. Jika siaran langsung layanan daring berjalan dengan lancar dan baik, niscaya akan menjadi bagian dari program reguler yang dikelola oleh staff Ruang Pelayanan Administrasi Terpadu Kelurahan (PATEN).