Tahu Petis Cak Basri

  • Sep 05, 2023
  • ARIEF
  • INFO KULINER

KIM Kab. Jember, KIM Info Reng Tegalgede media partner Kelurahan Tegalgede mempunyai jajanan tradisional favorit khas Jawa Timur yaitu Tahu Petis. Makanan olahan berbahan dasar petis memang menjadi khas provinsi Jawa Timur. Rujak cingur, tahu tek, tahu campur, lontong kupang, dan salah satunya adalah tahu petis. Rasanya belum ke Jawa TImur kalau belum pernah merasakan jajanan tahu petis.

Cah Basri atau biasa dikenal dengan pak Yuni. Seorang yang sudah tidak muda lagi tetapi semangat mencari cuan-nya jangan diragukan lagi. Usia beliau yang sudah menginjak kepala lima tidak menyurutkan semangatnya untuk berjualan tahu petis. Kualitas rasa tahu petis beliau sudah tidak diragukan lagi. Mulai dari ujung utara pondok Nuris hingga bundaran Mastrip pasti tau lapak beliau yang terkenal dengan sebutan tahu petis DAM 3.

Tahu petis Cak Basri buka mulai pukul 18,30 - habis. Jika weekend, pukul 21.00 sudah ludes tejual sedangkan di hari-hari biasa bisa sampai pukul 23.00. Lapak Cak Basri tidak besar. Hanya berukuran sekitar 3x4 meter saja. Di tempat tersebut beliau menggoreng dan menjajagan dagangan tahu petisnya. Rumahnya tidak jauh dari lapak, hanya berjarak 100 meter 

Tidak menerima pembelian daring. Umur Cak Basri yang sudah tidak muda lagi dan keadaan ekonomi beliau yang pas-pasan membuat tahu petis-nya tidak berkembang. Dari segi rasa sebenarnya tidak kalah dengan jajanan tahu petis yang lain. Bahkan dari segi penilaian lidah masmin, tahu petis ini adalah yang paling enak. Hanya saja karena keterbatasan gawai dan umur tidak memungkinkan untuk penjualan daring.