Sosialisai lomba APW Tingkat Provinsi

  • Aug 31, 2023
  • ARIEF
  • INFO KEGIATAN, INFO PENDIDIKAN

Kab. Jember, KIM Info Reng Tegalgede media partner kelurahan Tegalgede mengadakan sosialisasi APW. Apresiasi Pewarta Warga (APW) tahun ini dilaksanakan mulai bulan September - Oktober 2023. Lomba kali ini tidak hanya fokus pada satu kategori saja, tetapi ada lima kategori yang dilombakan. Selain kategori, ada empat tema besar juga yang diusung oleh panitia.

Kamis, 31 Agustus 2023 KIM Info Reng Tegalgede mengadakan sosialisasi lomba APW. Sosialisasi disampaikan langsung oleh media social developer KIMArief Nur Hartanto, S.S. Menurut penuturan beliau, seluruh warga Tegalgede berkesempatan mengikuti lomba tersebut. Lomba ini adalah bagian dari program KOMINFO provinsi Jawa TImur dalam rangka menyukseskan pemilu 2024. Ada lima kategori lomba yang dilombakan, yaitu adalah infografis, short video /reels, videografis /motion grafis, video iklan layanan masyarakat (ILM), dan poster. Dengan banyaknya pilihan kategori pada tahun ini, semakin banyak peserta yang bisa ikut serta. Bagi yang tidak percaya diri di depan kamera, bisa memilih kategori lomba infografis, motion grafis dan poster. Sedangkan bagi yang lebih nyaman di depan kamera, bisa memilih kategori short video dan video ILM.

Selain ada lima kategori lomba yang dikompetisikan, ada empat tema besar yang harus dipenuhi. Yang pertama adalah Peningkatan Partisipasi Pemilih Muda. Tema ini sangat cocok bagi organisasi sekelas Karang Taruna yang usia anggotanya masih sekitar belasan tahun. Yang kedua adalah pemilu anti hoax, yang cocok dibawakan oleh masyarakat keluarga muda. Yang berikutnya adalah pemilu damai dan edukasi serba-serbi pemilu. Peserta kompetisi tidak diperbolehkan keluar dari tema yang sudah ditentukan. Materi yang dibawakan oleh peserta juga tidak diperbolehkan untuk mengandung SARA, pornografi dan plagiarisme.

Sampai berita ini turun, KIM Info Reng Tegalgede masih secara gencar melaksanakan sosialisai. Panggung besar ini adalah kesempatan bagi para kreator media sosial untuk mengaktualisasikan diri. Jika biasanya materi konten hanya diupload di platform media sosial secara serampangan, ini adalah saatnya pembuktian diri. Jika berhasil lolos pada tingkat provinsi, apresiasi yang didapatkan bukan hanya sekelas like, comment dan subscriber. Abdul Kamil, S.Sos, MM, N.LP selaku lurah Tegalgede juga akan memberikan apresiasi khusus bagi masyarakat Tegalgede yang berpartisipasi. Setidaknya beliau akan menyediakan sertifikat dan sosialisasi khusus bagi peserta.