Sinau Bareng Kelola Media KIM Klungkung dan KIM Karangpring di RUMANTIS Tegalgede

  • Jan 06, 2024
  • ARIEF
  • INFO KEGIATAN

KIM Tegalgede - Lurah Tegalgede Abdul Kamil, S.Si., S.Sos., MM., N.LP., didampingi Ketua KIM Info Reng Tegalgede, Sudarmawan bersama anggota KIM Tegalgede menerima tamu dari KIM Klungkung dan KIM Karangpring yang datang untuk sinau bareng serta bertukar informasi untuk mengembangkan Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) di masing-masing daerah pada hari Sabtu (06/01/2024) di Rumah Layanan Integrasi dan Informasi (RUMANTIS) Kelurahan Tegalgede.

Pertemuan bisa terlaksana kebetulan karena adanya hubungan baik antara Bayu Pradana dengan Ketua KIM Karangpring Saiho dan pendamping KIM Sukorambi Muzzani. Melihat keaktifan KIM Tegalgede, Saiho dan Muzzani berkorespondensi dengan Bayu sehingga bisa bertemu dan sharing terkait Organisasi. Sabtu malam dipilih untuk pelaksanaan pertemuan karena kebetulan setiap hari Sabtu memang ada pertemuan terkait konten rutin Podcast KIM Tegalgede. KIM Klungkung yang diketuai oleh Adit juga diajak oleh Muzzani karena kebetulan KIM tersebut masih menjadi tanggung jawab beliau.

Setidaknya ada beberapa poin yang dibahas dalam pertemuan yang berlangsung sekitar tiga jam tersebut. Yang pertama adalah apa yang maksud dan tujuan KIM yang dibentuk dan berada dibawah payung DISKOMINFO Jember serta perbedaan KIM dengan PPID. Yang kedua adalah bagaimana cara anggota bisa kompak dan solid dalam menjalankan organisasi dan yang terakhir adalah terkait teknis pengelolaan website KIM. Dalam pertemuan tersebut KIM Tegalgede juga menyadari hal penting yaitu Karangpring dan Klungkung mempunyai potensi wisata desa yang besar. Jika potensi-potensi ini diangkat oleh KIM, maka tidak mungkin dalam kurun waktu bulanan saja konten-konten KIM Karangpring dan KIM Klungkung bisa naik daun. 

KIM Tegalgede, KIM Karangpring, dan KIM Klungkung juga bersepakat bahwa pertemuan ini hanyalah awal dari diskusi, kedepannya akan dilaksanakan diskusi-diskusi lanjutan terkait penyebaran media KIM. Muzzani dan beberapa pemuda Klungkung sedang membuat kafe sederhana dipinggir sungai yang diperuntukkan untuk pengembangan daerah wisata air. "Jika tempat tersebut sudah selesai, KIM Tegalgede akan diundang untuk sharing part 2." ujar Muzzani.