Semarak 17an di Kampung Baru

  • Jul 23, 2023
  • ARIEF
  • INFO KEGIATAN

Minggu, 23 Juli 2023 warga kampung baru mengawali kegiatan peringatan HUT RI ke 78. Dengan bantuan panitia yang diketuai oleh bapak Nanang. Acara untuk pagi hari ini berlangsung sekitar kurang lebih dua jam saja. Mengingat jika terlalu lama ditakutkan cuaca akan cenderung panas. Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk mengawali kegiatan lomba 17an. Nantinya lomba-lomba HUT RI akan dilangsungkan setiap hari Minggu sampai malam tirakat dibulan Agustus. Untuk pagi hari ini, lomba akan diramaikan oleh anak-anak. Warga sekitar RT 03 RW 04 diharapkan bisa hadir untuk meramaikan kegiatan. Jangan salah! Meski lomba untuk hari ini khusus untuk anak-anak, untuk kegiatan selanjutnya pasti akan ada lomba khusus untuk bapak-bapak dan ibu-ibu.

Ada dua jenis lomba yang direncanakan untuk hari ini. Lomba pukul air dan lomba makan kerupuk. Lomba pukul air adalah lomba yang melatih kepekaan peserta untuk menemukan kantong air yang digantung. Peserta disyaratkan untuk ditutup matanya dengan sehelai kain. Setelah mata peserta ditutup, peserta akan mencari kantong air sesuai aba-aba panitia. Jarak antara kantong air yang digantung dengan posisi berdiri peserta kurang lebih 3 meter. Setelah aba-aba diberikan,  peserta akan berjalanmenemukan kantong air tersebut. Peserta diharuskan untuk memukulnya sampai pecah. Peserta yang menang adalah peserta yang paling awal memecahkan kantong air tersebut.

Untuk lomba makan kerupuk, dalam satu sesi paling tidak akan ada 4 peserta yang berlomba dalam satu sesi perlombaan. Ini adalah lomba ketangkasan. Peserta diharuskan untuk menghabiskan kerupuk yang digantung. Peserta hanya boleh menggunakan mulut untuk menghabiskan kerupuk tesebut. Tidak boleh menggunakan tangan untuk memegang kerupuk tidak diperbolehkan juga untuk memegang tali yang mengikat kerupuk. Tidak ada batasan waktu untuk lomba ini. Yang paling cepat menghabiskan kerupuk, dialah pemenangnya.

Inti dari kegiatan lomba HUT RI ke 78 di kampung baru ini bukanlah kompetisi ataupun besaran hadiah yang akan diterima. Akan tetapi adalah kebersamaan dan kekompakan dalam menyelesaikan sebuah tugas. Sambil mengingatkan jasa para pahlawan yang sudah berjuang dalam mempertahankan kedaulatan Negara Republik Indonesia.