Program Mutiara Atasi Bumil KEK dan Bumil Anemia di Tegalgede

  • Aug 08, 2023
  • ARIEF
  • INFO KEGIATAN, INFO KELURAHAN

Mutiara adalah akronim dari Meningkatkan Nutrisi dan Akses Kesehatan Bagi Ibu, Anak, dan Remaja. Pogram ini digagas oleh pemerintah kabupaten Jember yang menyasar tiga elemen. Ibu, anak-anak dan remaja, dimana elemen tersebut adalah masuk dalam cakupan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB). Didalam pelaksanaan program ini, pemerintah berkolaborasi dengan berbagai pihak. Mulai dari posyandu, PKK, karang taruna dan gabungan dari beberapa NGO.

Di Tegalgede, program MUTIARA sudah berjalan mulai 10 Juni 2023. Jika sesuai rencana maka akan berjalan selama 60 hari kedepan. Sesuai dengan arahan dari pihak kabupaten, program berjalan berkolaborasi dengan posyandu, PKK dan pihak kelurahan sebagai pendamping. Menurut informasi yang disampaikan oleh Abdul Kamil, S.Sos selaku lurah Tegalgede, ditemukan paling tidak ada 15 ibu hamil (bumil) yang mendapatkan Pemberian Makanan Tambahan (PMT).

Program MUTIARA di kelurahan Tegalgede menyasar Bumil KEK dan Anemia. Ibarat sekali mendayung du tiga pulau terlampaui, PMT diharapkan bisa mengatasi persoalan tersebut. Bumil KEK adalah akronim dari Ibu Hamil yang Kekurangan Energi Kronis. Secara fisik adalah kondisi dimana ukuran lingkar lengan kurang 23cm. Faktor penyebab KEK pada ibu hamil sangat kompleks diantaranya, ketidak seimbangan asupan zat gizi, penyakit infeksi, dan perdarahan (FKM.UI, 2007)KEK pada ibu hamil juga berisiko melahirkan bayi dengan berat lahir rendah (BBLR).

Harapan yang disampaikan langsung oleh Lurah Tegalgede kepada kami TIM KIM adalah sosiaslisasi yang masif sehingga bisa menjadi perhatian bersama. Karang taruna yang selama ini masih tertidur lelap juga diharapkan bisa segera bangun. Garda terdepan tampuk kepemimpinan ada di pundak generasi muda. Dikutip dari Radar Jember Nugroho selaku Penanggung Jawab Bidang Perlindungan Anak DP3AKB Kabupaten Jember menyampaikan bahwa ini program jangka panjang. Oleh karena itu seluruh elemen masyrakat perlu digerakkan. Posyandu, PKK, Karang Taruna.