Percepatan Pembayaran PBB Tegalgede via Mobile Banking

  • Aug 09, 2023
  • ARIEF
  • INFO KELURAHAN

Seiring dengan kemajuan teknologi, kelurahan Tegalgede mendorong pemanfaatan pembayaran PBB berbasis digital. Program ini sejalan dengan amanat Perpres Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik. Khusus untuk masyarakat Tegalgede, membayar PBB menggunakan mobile banking bahkan bisa mendapatkan hadiah.

Sosialisasi tentang digitalisasi pembayaran PBB didampingi langsung oleh Bapak Lurah Tegalgede. Beliau tidak segan untuk turun langsung ke RT-RW. Program ini juga bertujuan untuk meningkatkan peringkat pembayaran PBB. Tahun lalu, Tegalgede bertengger peringkat paling buncit dimana hanya memperoleh 33%.

Bapak lurah juga secara kreatif membuat video tutorial pembayaran PBB via mobile banking. Beliau membagian tutorial pembayaran PBB menggunakan mobile banking Mandiri, BCA, dan BRI. Video tutorial bisa warga akses lewat youtube channel kelurahan Tegalgede.

Sampai hari ini, Selasa 8 Agustus 2023 prosentase warga yang sudah membayar PBB sudah mencapai 26% dan diharapkan akan terus meningkat. Kehadiran Lurah di tengah masyarakat juga memberikan kesan tersendiri. Ketika beliau hadir di lokasi RT 01 RW 01 rumah Pak Sunari, ada tambahan 8 warga yang langsung berpartisipasi. Langsung membayar dan mendaftar undian gebyar hadiah. Jika program ini berjalan dengan lancer, maka niscaya Tegalgede akan menempati peringkat tertingi dalam penerimaan PBB tingkat kecamatan.