Pengendalian DBD di Tegalgede

  • Aug 11, 2023
  • ARIEF
  • INFO UMUM, INFO KEGIATAN, INFO KESEHATAN

Jumat 11 Agustus 2023 Posyandu dan Puskesmas Tegalgede berkolaborasi melakukan kontrol DBD. Program ini bertujuan untuk mencegah potensi DBD. DBD akronim dari Demam berdarah dengue. Penyakit yang disebabkan virus dengue dan ditularkan lewat nyamuk Aedes aegypti. Penyakit ini akan membuat penderitanya mengalami nyeri hebat, bahkan seluruh tulang dan persendian seakan-akan terasa patah. Jika tidak ditangani dengan baik, demam berdarah bisa menyebabkan komplikasi yang cukup parah, bahkan berpotensi menyebabkan kematian.

Kegiatan ini berlangsung di RT 03 RW 03 lingkungan panji. Ahamdullilah untuk kegiatan ini bisa langsung didampingi oleh anggota kim, bapak Solikin. Anggota bidang organisasi dan peningkatan SDM. Dalam kegiatannya, beliau bersama kader posyandu dan puskemas Tegalgede datang ke rumah-rumah. Melakukan sosiaslisai terkait penyebaran DBD. Rombongan juga melihat keadaan kamar mandi, Terdapat jentik nyamuk atau tidak. Terdapat genangan air atau tidak.

Kegiatan ini tidak akan berakhir di RW 03 saja. Kontrol dan survey rumah akan dilakukan ke RW di seluruh wilayah Tegalgede. Untuk selanjutnya diharapkan pengendalian DBD bisa mencegah terjadinya kasus DBD di Tegalgede.