Pasar Murah Kolaborasi KIM Tegalgede dan KADIN Jember

  • Nov 28, 2023
  • ARIEF
  • INFO KEGIATAN

KIM Tegalgede - Dalam rangka mengatasi harga beras dan minyak yang kian melambung tinggi di Kabupaten Jember, Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) Info Reng Tegalgede menggandeng Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Jember untuk mengadakan pasar murah beras dan minyak goreng di halaman Rumah Layanan Integrasi dan Informasi Statistik (RUMANTIS) Kelurahan Tegalgede pada hari Kamis 30 November 2023.

Pasar murah akan berlangsung dalam satu hari saja, dimulai pukul 09.00 - selesai. KADIN Jember paling tidak akan menyiapkan 3 Ton beras. "Acara ini adalah bagian dari komitmen KIM Tegalgede yang berkoordinasi dengan Kelurahan Tegalgede atas informasi masyarakat yang menginginkan adanya bazar sembako murah" ujar Eva Kabid Pengembangan Usaha Produktif KIM Tegalgede.

Harga yang akan dipatok dalam pelaksanaan acara adalah Rp. 53.500 / 5 Kg beras dan Rp. 14.000 / 1 lt minyak goreng. Harga ini tergolong lebih terjangkau dibandingkan harga di pasar umum. Update data yang dikutip dari Instagram Diskominfo Jember pada 29 Pasar di Kabupaten Jember per tanggal 28 November 2023 menyatakan bahwa rata-rata harga beras adalah sekitar Rp. 65.000 - 75.000 sedangkan minyak goreng adalah Rp. 15.000.

Untuk menghindari monopoli pembelian, KADIN Jember hanya memperbolehkan 2 paket (beras atau minyak) pembelian perorang. Pembatasan pembelian tersebut juga dimaksudkan supaya setiap orang dapat bagian dari beras dan minyak yang sudah disediakan oleh panitia penyelenggara.