Mengenal Kesenian Campursari Jaranan Padang Pasir

  • Sep 08, 2023
  • ARIEF
  • INFO PARIWISATA, INFO SEDULUR TEGALGEDE, INFO UMKM

KIM Kab. Jember, KIM Info Reng Tegalgede media partner Kelurahan Tegalgede memperkenalkan kesenian jaranan. Sanggar kesenian tradisional ini terletak di Tegalgede. Tepatnya di Jalan Mastrip 4 timur Politeknik Negeri Jember. Kesenian ini sudah berdiri cukup lama dan menjadi kegiatan yang sudah diturunkan ke anaknya yang bernama Sugeng.

Sugeng adalah pemilik sanggar jaranan yang bernama Kesenian Jaranan Padang Pasir. Sanggar ini berdiri mulai tahun 1979. Artinya sanggar ini sudah berumur kurang lebih empat puluh empat tahun. Tidak mudah untuk mempertahankan eksistensi sanggar kesenian. Berbagai daya dan upaya sudah dilakukan oleh pemilik, salah satunya adalah berkembang dan berubah sesuai dengan keadaan jaman.

Menurut penuturan Sugeng, tadinya sanggar kesenian ini adalah sanggar pencak silat. Kemajuan jaman membuat pertunjukan kesenian pencak silat semakin menurun. Sedangkan Perguruan silat / kesenian bela diri di Kabupaten Jember semakin menjamur. Tidak ingin menutup sanggar yang sudah berdiri lama, pada akhirnya merubah kesenian pertunjukan pencak silat menjadi sanggar kesenian tradisional jaranan.

Sanggar kesenian jaranan Padang Pasir tidak hanya menyediakan kesenian jaranan. Menurut penuturan Sugeng, selain jaranan ada juga reog dan barong Bali. Anggaran yang perlu disiapkan oleh penyewa jasanya adalah paling tidak sekitar empat juta rupiah. Akan tetapi anggaran ini tergantung jarak penyewa. Semakin jauh dari tempat sanggar, maka semakin mahal pula biaya yang dibebankan kepada penyewa. Dengan biaya sebesar itu penyewa jasa mendapatkan paket lengkap berupa reog, jaranan, dan barong Bali. Harga sewaktu-waktu bisa berubah dan harga tersebut bisa dinegosiasikan.