Lurah Tegalgede Terjun ke Sekolah Sosialisasi Kegiatan HUT RI ke 78

  • Aug 07, 2023
  • ARIEF
  • INFO KELURAHAN

Memasuki bulan Agustus masyarakat di seluruh Indonesia menyambut Hari Kemerdekaan. Tegalgede sebagai salah satu kelurahan di kecamatan Sumbersari juga sudah menyiapkan beberapa agenda kegiatan. Mulai dari lomba ketangkasan khas tujuh belasan, lomba kebersihan - keindahan lingkungan, jalan sehat, adapula kegiatan yang bekerja sama dengan mahasiswa KKN. Bebagai kegiatan menyambut HUT RI ke 78 ini sudah disusun sedemikian rupa dan bisa ikuti mulai tanggal 25 Juli - 30 Agustus 2023. Agenda kegiatan tingkat kelurahan cukup banyak, apalagi disupport penuh oleh Bapak Lurah Tegalgede dan Bapak Camat Sumbersari. Oleh karena itu sosialisasi kegiatan juga perlu digiatkan supaya masyarakat mengetahui dan ikut berpartisipasi.

Abdul Kamil, S.Sos sebagai lurah Tegalgede terjun ke sekolah di lingkungan Tegalgede. Beliau mensosialisasikan kegiatan kelurahan. Potensi peserta dari kalangan pelajar sangat besar. Apalagi pelaksanaan kegiatan bukan hanya untuk kalangan masyarakat umum, tetapi juga untuk sekolah. Contohnya adalah festival hias sekolah tingkat TK/PAUD yang bekerjasama dengan KKN Kolaborasi 236 dan Kelas Remaja Sehat (KRS) yang bekerja sama dengan KKN Tematik HI FISIP Unej. Kolaborasi antara mahasiswa, mayarakat, dan lembaga pendidikan harus semakin ditingkatkan. Sehingga potensi pelajar di lingkungan Tegalgede semakin tergali. Begitu juga sebaliknya, kegiatan yang berkolaborasi dengan mahasiswa tidak terkesan sepi karena peserta yang hadir sangat minim.

Supply and demand harus ketemu dan sejauh ini peran lurah sebagai pelayan masyarakat sudah tepat. Hanya saja beliau juga harus didukung elemen masyarakat yang lain. Jika beliau bergerak sendiri dalam menyemarakkan kegiatan tentu beliau tidak akan mampu. Beliau juga bukan Superman apalagi Ironman. Karang Taruna sebagai organisasi pemuda Tegalgede sudah harus berinisiatif. Bergerak, berkolaborasi dengan program yang ada di kelurahan. Mindset yang ditanamkan kepada generasi muda Tegalgede harus dirubah. Terkadang kita bukannya tidak mampu, hanya saja tidak mau. Jika kolaborasi ini sudah berjalan dengan baik, maka niscaya disetiap kegiatan kelurahan peserta yang datang akan membeludak.