Lomba Pilah Sampah oleh KKN Kolaborasi 236 Tegalgede

  • Aug 02, 2023
  • ARIEF
  • INFO UMUM, INFO KEGIATAN

Sampahmu, Tanggung Jawabmu! Itu adalah tagline lomba yang dibawa oleh KKN Kolaboratif 236 Kelurahan Tegalgede. Kata-kata ini cukup sederhana dan seharusnya bisa memicu kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan. Lomba ini cukup menarik. Biasanya lomba kebersihan hanya sekedar kebersihan lingkungan. Sampah dikumpulkan, jalan - rumah dihias dan menambahkan tanaman disana-sini. Padahal turunan dari kebersihan lingkungan adalah pengelolaan sampah. Tak banyak yang tahu bahwa sampah harus dikategorisasikan sebelum dikumpulkan dan dibuang di tempat sampah.

Kegiatan lomba ini adalah inisiasi dari KKN Kolaboratif 236 yang ditempatkan di Kelurahan Tegalgede. KKN kolaboratif ini berasal dari lima universitas di kabupaten Jember. UNEJUMSJ, UDS, IAIQ, dan UIJ adalah universitas dan institut yang saling berkolaborasi dalam KKN 236. Menurut Shinta sebagai narahubung, lomba ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk tidak hanya membuang sampah tetapi juga memilah sampah. Selain berkoordinasi dengan pihak kelurahan Tegalgede, mahasiswa KKN juga berkolaborasi dengan Bank Sampah Induk (BSI) Jember sebagai tim penilai kegiatan ini. Dengan adanya kolaborasi dari berbagai pihak diharapkan lomba ini bisa berjalan dengan lancar.

Untuk penilaian, tim penilai akan fokus pada banyaknya peserta yang bergabung dalam satu RT. Banyaknya warga yang berpartisipasi dalam satu RT akan mempengaruhi hasil penilaian. Misal, dalam satu RT ada 40 warga tapi yang bergabung hanya 5 maka akan kalah dengan RT yang yang prosentase warga yang berpartisipasi lebih tinggi. Setiap sampah yang sudah dipisahkan akan dikumpulkan ke rumah RT masing-masing. Penilaian akan dikawal langsung oleh tim dari BSI Jember dan mahasiswa. Tim akan datang ke rumah RT di seluruh wilayah kelurahan Tegalgede. Sampah yang terkumpul selanjutnya akan di bawa oleh BSI.

Pengumuman untuk pemenang lomba akan disampaikan pada hari sabtu tanggal 30 September 2023. Ini adalah puncak acara dari rangkaian kegiatan KKN kolaboratif. Kegiatan ini adalah bagian dari perlombaan keindahan lingkungan antar RT. Selain lomba pilah sampah adapula kegiatan festival hias sekolah yang berlangsung di bulan Agustus 2023. Harapan dari mahasiswa KKN kolaboratif 236 dibawah bimbingan Bapak HBA Jayawardana, M.Pd selaku DPL adalah menumbuhkan kesadaran lingkungan sekitar dan pada khususnya adalah lingkungan sekitar rumah.