Kolaborasi Kelurahan, Posyandu dan NGO LAZISMU dalam Penanganan Stunting

  • Aug 07, 2023
  • ARIEF
  • INFO KEGIATAN, INFO KELURAHAN

Dikutip dari detik.com, berdasarkan Survey Status Gizi Indonesia (SSGI) prevalensi stunting di Kabupaten Jember cukup besar yaitu diangka 34,9 persen. Dari data yang dirilis oleh KEMENKES tersebut juga menunjukkan bahwa Jember menempati urutan pertama dalam prevalensi balita stunting. Tingginya balita stunting di Jember akhirnya menjadi sorotan Bupati sehingga memberikan instruksi kepada jajaran dibawahnya untuk membuat program yang jelas demi mengentaskan permasalahan stunting.

Di kelurahan Tegalgede, permasalahan ini juga menjadi perhatian khusus. Pihak kelurahan memberi instruksi untuk melakukan pendataan kepada posyandu. Dari pendataan yang sudah dilakukan, ditemukan ada 7 balita yang stunting. Setelah ada temuan, dilakukan langkah pencegahan supaya angka tidak semakin bertambah dan sekaligus dilakukan langkah penanganan terhadap balita yang mengalami stunting. 

Bagi yang masih awam terhadap istilah stunting, stunting adalah masalah gizi kronis akibat kurangnya asupan gizi dalam jangka waktu panjang sehingga mengakibatkan terganggunya pertumbuhan pada anak. Langkah pencegahannya dan penanganannya sebenarnya cukup jelas. Dalam hal ini Bapak Abdul Kamil, S.Sos selaku lurah Tegalgede menggandeng posyandu sebagai kader terdepan penuntasan permasalahan stunting dan LAZISMU Jember sebagai NGO.

Dari komunikasi yang sudah terbangun, hasilnya cukup nyata. Dari tujuh balita yang kedapatan menderita stunting, tiga diantaranya sementara ini terbantu. Satu balita dari posyandu Catleya 72 dan 2 balita dari Catleya 71. Untuk balita yang diluar bantuan dari LAZISMU sementara ini dihanddle oleh donasi dari partisipasi warga. Dana perolehan donasi akan didistribusikan kepada posyandu sehingga bisa diolah menjadi masakan yang nantinya akan didistribusikan kepada yang membutuhkan.

Harapan dari tim pengentasan stunting Tegalgede adalah adanya partisipasi seluruh warga. Ini adalah bukan permasalahan satu atau dua orang saja tetapi masalah kita bersama. JIka sekarang program yang sudah berjalan adalah pengentasan permasalah stunting, maka untuk kedepannya adalah program penanggulanan masalah stunting. Bagi warga yang ingin berdonasi, bisa melalui kantong-kantong posyandu yang sudah dibentuk di seluruh RT-RW di wilayah kelurahan Tegalgede. Mari kita tuntaskan permasalahan stunting ini bersama-sama. WES WAYAHE JEMBER TUNTAS STUNTING.