KIM Tegalgede Ikuti Workshop Prebunking

  • Feb 06, 2024
  • ARIEF
  • INFO PENDIDIKAN

KIM Tegalgede - Dua orang anggota KIM Info Reng Tegalgede mengikuti workshop prebunking yang dilaksanakan pada hari Selasa (06/02/2024) di EJSC Bakorwil V Jember yang berlokasi di Jl. Kalimantan No. 42 Jember. Workshop ini adalah bagian dari langkah Dinas Komunikasi & Informatika (DISKOMINFO) Kabupaten Jember untuk membekali anggota Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) menanggulangi berita dan informasi Hoaks.

Kegiatan ini dibuka oleh Subkoordinator Pengelolaan Opini Bidang Komunikasi Publik Dra. Siti Purwaningsih, MM yang mewakili Kepala Dinas Diskominfo Provinsi Jawa Timur dan Kepala Bidang Aspirasi dan Layanan Informasi Publik Rahmat Agung Purnama S. Kom, M Eng. 

Setidaknya ada lebih dari empat puluh peserta yang diundang untuk mengikuti kelas workshop prebunking degan tema "Metode Prebunking untuk Penginderaan Hoaks". Peserta datang dari dua puluh KIM terpilih yang tersebar di empat belas kecamatan di Kabupaten Jember dan Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (RTIK) Jember. Setiap KIM diwajibkan untuk mengirim dua orang peserta yang nantinya diharapkan bisa mengedukasi anggota KIM di masing-masing kelurahan.

Workshop prebunking terlaksana atas inisiatif DISKOMINFO Jember, didukung oleh DISKOMINFO Provinsi Jawa Timur serta Bakorwil V Jember yang bekerja sama dengan Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (MAFINDO). Sebelumnya, acara serupa juga pernah terlaksana untuk anggota KIM hanya saja sekarang terlaksana secara luring dari yang tadinya terlaksana secara daring.