Ketan Bubuk Bu Maria

  • Aug 30, 2023
  • ARIEF
  • INFO KULINER

Kab. Jember, Kim Info Reng Tegalgede. Ketan bubuk Bu Maria, UMKM Kuliner jajanan tradisonal ketan bubuk skala mikro. Para penikmat kuliner ketan bubuk bisa menemukan dagangan Bu Maria di daerah jalan Tawang Mangu Kelurahan Tegalgede. Lapak beliau berjarak sekitar 100 meter arah ke timur setelah dari pertigaan jalan Danau Tondano. Atau lebih tepatnya di depan Paud Catleya 71 Tegalgede.

Bu Maria setiap hari buka mulai dari jam 06.00 sampai habis. Tapi jika hari sudah beranjak siang, meski dagangan beliau belum habis, beliau tetap akan menutup lapaknya. Maklum, beliau hanya berjualan di atas meja kayu ukuran kecil dengan peneduh payung besar. Rumah beliau ada di gang belakang lapaknya. Ketan yang beliau jajakan selalu fresh maka sudah pasti dijamin enak, empuk dan gurih. Tidak keras seperti jajanan ketan biasanya. Masmin sendiri familiar dengan jajanan tradisional yang satu ini. Di Solo, ketan bubuk biasanya disandingkan dengan juruh atau cairan kental yang terbuat dari gula kelapa. Jajanan ini kalau di Solo biasanya terkenal dengan sebutan Ketan Juruh. Pernah suatu ketika masmin bertanya kepada bu Maria, "kenapa kok tidak diberi gula kelapa?" lalu beliau menjawab "karena sudah ada yang berjualan lopis dengan variasi ketan gula juruh." Bu Maria hanya tidak ingin sama jualannya.

Selain ketan bubuk, Bu Maria juga menjual sate tahu aci bumbu merah. Kebetulan masmin langganan untuk jajanan yang satu ini. Tahu dan acinya mempunyai tekstur yang empuk sedangkan bumbu merahnya tidak pedas tapi cenderung manis. Biasanya tahu aci jika sudah tidak hangat maka teksturnya berubah, tapi ini beda. Meski sudah dingin, tekstur tahu acinya masih cenderung empuk dan tidak terlalu kenyal.

Bagi kalian yang sedang lewat atau sekedar jalan-jalan pagi di sekitar Perum Green Tegalgede jalan Tawang Mangu, jangan lupa untuk sekedar mampir dan jajan di lapak beliau. Harga satu porsi ketan bubuk dipatok empat ribu rupiah. Sedangkan untuk sate aci bumbu merahnya berada di harga seribu rupiah per tusuknya.