Kelas Fakta oleh Mafindo

  • Jul 14, 2023
  • ARIEF
  • INFO KEGIATAN, INFO PENDIDIKAN

Jumat, 14 Juli 2023 Masyarakat Anti Fitnah Indonesia atau MAFINDO melaksanakan kelas daring berupa pelatihan Kelas Cek Fakta. Pada kesempatan kali ini kelas diikuti oleh admin KIM Info Reng Tegalgede, penulis sendiri, Arief. Pada kesempatan ini kelas dipandu oleh Adi Syafitrah sebagai pemateri. Beliau merupakan perwakilan dari Mafindo sekaligus aktif di media turnbackhoax.id. Selain dipandu oleh Ka Adi Syafitrah, kelas ini juga pandu oleh seorang moderator bernama Ka Nuke. Kelas daring ini terasa sangat padat karena peserta mencapai 120an peserta. Padahal dari jadwal yang sudah ditentukan yaitu pukul 14.00, pada pukul 13.00 kelas sudah mulai daring dan dimulai.

 

Antusiasme peserta sangat luar biasa, terlihat dari banyaknya peserta yang sudah login mulai pukul 13.00. Tidak hanya dari kalangan akademisi, kalangan umum juga ada. Bahkan menurut penulis, dari sekian banyak peserta, paling tidak 30% sudah tidak muda lagi. Artinya kepekaan literasi digital seharusnya tidak hanya dimiliki oleh Gen Y dan Z tapi juga Gen X. Ini penting karena sekarang perkembangan teknologi harus diikuti dengan etika dalam bermedia social.

 

Hal ini juga disampaikan oleh pemateri, Ka Adi Syafitrah. Beliau memaparkan beberapa materi yang bersangkutan tentang cepatnya arus informasi berita saat ini. Membuat hoax sekarang ini semakin mudah. Kuncinya adalah jika anda tidak bisa menyimpulkan bahwa sebuah informasi adalah hoax, maka jangan sebarkan. Selain memberikan materi dan contoh berita hoax gambar dan video, beliau juga membagikan tips untuk menganalisa sebuah informasi. Yang paling mudah adalah memanfaatkan mesin pencari seperti Google atau online website seperti tineye.

 

Selain sesi materi tentang hoax dan penanggulangannya ada juga sesi Tanya jawab disela materi tersebut. Setelah sesi Tanya jawab dan materi, sesi selanjutnya adalah sesi diskusi. Dalam sesi diskusi ini peserta dibagi menjadi 5 kelompok. Setiap kelompok berisi sekitar 12-15 peserta. Dalam kelompok diskusi tersebut terdapat 5-7 soal dimana tugas dari kelompok tersebut adalah menganalisa sebuah informasi. Apakah informasi tersebut adalah hoax atau tidak dan bagaimana cara menganalisanya. Kelompok diskusi tersebut juga akan menentukan siapa yang akan mewakili kelompok dalam sesi pemaparan.

 

Diskusi bersama dilaksanakan ketika kelima kelompok sudah dijadikan satu dalam satu ruang meeting. Setiap kelompok bergantian memaparkan hasil diskusi dan kelompok lain mendengarkan. Mayoritas kelompok memberikan hasil diskusi yang luar biasa. Kelompok lain juga menganggapinya dengan sopan.

 

Kelas daring yang diinisiasi oleh MAFINDO kali ini benar-benar keren. Harapan dari penulis adalah akan ada kelas daring atau bahkan luring dilain kesempatan. Di era media sosial yang sudah semakin pesat, perkembangan teknologi seperti pisau bermata dua. Di satu sisi bisa mempermudah kehidupan manusia, di satu sisi juga bisa mempersulit.