Kampung Estetik dengan Mural

  • Aug 05, 2023
  • ARIEF
  • INFO KEGIATAN, INFO PARIWISATA

Masyarakat Tegalgede wilayah RW 01 menyambut HUT RI ke 78 dengan sangat meriah. Warga dengan kompak bersama-sama turun ke jalan. Bukan untuk berdemo atau sekedar hahahihi ngopi tetapi kerja bakti. Dengan semarak dan semangat kemerdekaan, warga menghias lingkungan. Bekerja sama membersihkan selokan, memberikan sentuhan tanaman di pinggir jalan dan yang paling menarik adalah mengecat jalan. Membuat mural bertema kemerdekaan. Meski jalan di daerah RW 01 tidak lebar tetapi warga semangat menghias sepanjang gang-gang. Di sepanjang jalan berpaving tersebut tidak hanya sekedar digambar sembarangan. Ada gambar khas kemerdekaan yaitu garuda, bunga dan ikan yang bernuansa warna merah dan putih.

Kreativitas masyarakat RT 03 RW 01 jalan Danau Toba 3 memang luar biasa. Kalangan muda dan tua turun ke jalan menghias jalan sepanjang kurang lebih 500m. Warga membuat mural dengan tema kemerdekaan. Masuk ke gang Danau toba 3, lewat depan masjid Raudlatul Jannah langsung disambut mural naga. Banner semarak HUT RI ke 78 dari lingkungan masyarakat juga langsung menyambut pelintas. Meski jalan hanya selebar kurang lebih 3m, tapi menarik perhatian karena kental dengan mural nuasansa merah dan putih khas kemerdekaan. Semangat mural ini juga tidak lepas dari program kelurahan Tegalgede. Bapak Abdul Kamil selaku lurah Tegalgede membuat lomba kebersihan dan keindahan lingkungan.

Lomba kebersihan dan keindahan lingkungan diselenggarakan oleh kelurahan Tegalgede dan disupport kecamatan Sumbersari. Ada berbagai kriteria untuk lomba ini dan salah satunya adalah hiasan HUT. Dari 8 RW yang ada di wilayah Tegalgede, baru RW 01 yang berkreasi membuat mural di jalan. Kreativitas ini perlu diapresiasi. Jika saja tidak ada RW yang mempunyai inovasi unik lain yang sekelas mural, bukan tidak mungkin pemenang lomba kebersihan dan keindahan dipegang RW 01.