Jangan Lewatkan! Diskusi Umum & Edukasi Politik Bersama Ketua KPU dan Komisioner Bawaslu Jember

  • Jan 10, 2024
  • ARIEF
  • INFO KEGIATAN

KIM Tegalgede - Sejauh ini masyarakat Indonesia secara umum terhipnotis oleh gegap gempita debat calon presiden dan calon wakil presiden. Padahal pemilu 2024 tidak hanya memilih presiden dan wakilnya tetapi juga wakil rakyat yang nantinya akan menududuki gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Pertanyaannya adalah bagaimana persiapan masyarakat untuk memilih perwakilan kita nanti di tingkat daerah maupun pusat. Apakah masyarakat sudah tau bagaimana bentuk surat suaranya, apakah sudah tau ada warna pembeda antar surat suara, bahkan pertanyaan mendasar tentang apakah masyarakat sudah sudah terdaftar sebagai pemilih tetap atau belum.

Pemilu serentak 2024 akan menjadi catatan sejarah Indonesia karena akan dilaksanakan 5 jenis pemilu yaitu Presiden, DPD, DPR, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota. Jika kita tidak mengenali surat suara, bukan tidak mungkin para pemilih akan merasa dicurangi karena tidak menemukan calon pilihan presidennya karena membuka surat suara DPD. Cerdas belajar pemilu 2024 bisa membawa Indonesia ke masa emas.

KIM Info Reng Tegalgede sebagai komunitas Informasi masyarakat ingin memberikan edukasi politik kepada masyarakat lingkungan kelurahan Tegalgede dan kabupaten Jember secara umum. Sekaligus kami juga menjadi jembatan bagi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jember dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jember untuk memberikan edukasi politik yang khususnya untuk pemilu serentak 2024. Diskusi umum dan edukasi politik akan kami laksanakan pada hari Sabtu, 13 Januari 2023 pada pukul 19.00 - 21.00 yang akan bisa diikuti oleh masyarakat secara luar jaringan (luring) dan dalam jaringan (daring).

Diskusi umum dan edukasi politik akan dipandu oleh dua anggota KIM Tegalgede yaitu Bayu Pradana dan Alfi Rosidatul Hasanah. Sedangkan keynote speaker adalah Camat Sumbersari Regar Jeane DN, S.STP, M.Si. Dua narasumber yang sudah kami undang yang insyallah hadir dalam kegiatan ini adalah Ketua KPU Jember Muhammad Syaiin, SH, MH dan Komisioner Bawaslu Ummul Mu'minat, S.pd.I. Kami juga mengundang secara khusus seluruh Ketua RW dan RW di lingkungan kelurahan Tegalgede untuk hadir dan mengajak warganya untuk meramaikan acara tersebut diatas.

Diskusi luring akan dilaksanakan di Ruang Diskusi Terbuka (RDT) halaman Rumah Layanan Integrasi dan Informasi (RUMANTIS) Kelurahan Tegalgede yang berlokasi di Jl. Tawang Mangu No.10, Lingkungan Panji, Tegalgede, Kec. Sumbersari, Kabupaten Jember. Tidak ada batasan untuk warga yang datang untuk menyaksikan langsung akan tetapi kami ada keterbatasan tempat, suguhan, dan pastinya doorprize yang akan dibagikan saat berlangsungnya acara.

Untuk masyarakat yang ingin mengikuti diskusi tetapi berhalangan hadir, juga bisa mengikuti lewat live streaming Youtube kami. Klik link disini untuk mengikuti diskusi dan ingin bertanya terkait pemilu serentak 2024. "PEMILU BERDAULAT, NEGARA KUAT"