Inovasi Makanan Olahan Daun Kelor oleh Posyandu Catleya 70

  • Aug 08, 2023
  • ARIEF
  • INFO KEGIATAN, INFO KELURAHAN

Senin, 07 Agustus 2023 Posyandu Catleya 70 terlihat ramai. Terlihat beberapa ibu-ibu pegiat posyandu berseragam khas warna hijau dan warga berkumpul. Posyandu Catleya 70 terletak di RW03 Lingkungan Panji Kelurahan Tegalgede. Setiap hari Senin adalah jadwal pemeriksaan kesehatan rutin di posyandu. Akan tetapi hari ini ada agenda tambahan, yaitu Lomba Menu Kreatif PMT. Lomba ini dirasa penting karena bisa menjadi salah satu strategi untuk penanganan masalah gizi pada Balita dan ibu hamil. Semakin beragam menu PMT, semakin besar kesempatan bumil untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya.

Terlihat dari postingan TP PKK Tegalgede, agenda kegiatan ini mendapat kunjungan langsung dari Bapak Lurah. Beliau mengapresiasi lomba PMT ini. Apalagi ada tema bahan khusus yang diangkat pada lomba kali ini, yaitu menu PMT berbahan kelor. Tanaman kelor adalah tanaman yang bisa tumbuh dengan cepat, berumur panjang, berbunga sepanjang tahun, dan tahan kondisi panas ekstrim. Tanaman ini juga juga mempunyai banyak manfaat. Kunjungan dari Bapak lurah ini juga dimaksudkan untuk menjadi penilai lomba.

Ada berbagai macam olahan menu dari bahan dasar daun kelor. Mulai dari puding lumut daun kelor, nasi goreng daun kelor, dan nasi tumpeng daun kelor. Semua menu terlihat menarik dengan garnish serba hijau. Diharapkan inovasi PMT olahan daun kelor ini bisa disosialisasikan. Mengingat biasanya daun kelor hanya diolah menjadi sayur bening daun kelor.