Bupati Jember Resmikan Rumah Layanan Integrasi dan Informasi Kelurahan Tegalgede

  • Dec 13, 2023
  • ARIEF
  • INFO PARIWISATA, INFO PENDIDIKAN, INFO SEDULUR TEGALGEDE

KIM Tegalgede - Bersamaan dengan giat Rapat Inflasi Sinergi dan Kolaborasi Minggu setiap Rabo (Si Rambo) Bupati Jember meresmikan Rumah Layanan Integrasi dan Informasi Statistik (RUMANTIS) di kelurahan Tegalgede. Acara peresmian ditandai dengan pemotongan pita oleh Bupati Jember Ir. H. Hendy Siswanto, ST, IPU, ASEAN Eng. yang didampingi oleh Wakil Bupati Jember KH MB Firjaun Barlaman, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Jember Tri Erwandi, SE., M.Si, Camat Sumbersari Regar Jeane DN, S.STP, M.Si, dan Lurah Tegalgede Abdul Kamil, S.Si., S.Sos., MM., N.LP.

RUMANTIS adalah bagian dari sinergi kelurahan Tegalgede dengan BPS Jember untuk menyediakan layanan informasi terkait data masyarakat Tegalgede secara luring. Ada data umum terkait jumlah warga, penerima bantuan pemerintah, data PPS, data UMKM, dll. Masyarakat bisa mendapatkan data secara reguler di RUMANTIS dan mendapatkan data secara real-time daring lewat portal satu data. RUMANTIS Tegalgede menawarkan keterbukaan informasi publik yang memang digaungkan oleh Bupati Jember hingga akhinya Kelurahan Tegalgede mendapatkan Juara 3 tingkat provinsi kelurahan cinta statistik dan juara 2 Lomba Keterbukaan Informasi Publik  Award tahun 2023.

"Saya berharap dengan RUMANTIS yang sekarang, nantinya akan bisa dikembangkan. Sehingga update data bisa on time dan real time. Program ini semoga juga bisa diaplikasikan di kelurahan dan desa yang lain" Ujar Bupati Jember.

RUMANTIS tidak hanya menyediakan layanan informasi tetapi juga rumah bagi rumah penyelesaian perkara (retorative justice), Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) Info Reng Tegalgede, dan Panitia Pemungutan Suara (PPS). Di dalamnya terdapat sinergitas antara Babinsa, Bhabinkamtibmas, KIM, dan PPS yang dalam kegiatannya bisa dilaksanakan dalam ruangan RUMANTIS. Tidak kalah menarik adalah peran penting Studio Podcast KIM Info Reng Tegalgede yang menjadi kanal digital masyarakat Tegalgede dan tokoh-tokoh inspiratif yang bisa dinikmati lewat kanal YouTube KIM Info Reng Tegalgede.

Website Portal Satu Data yang dipakai oleh kelurahan Tegalgede juga merupakan salah satu produk asli warga Tegalgede. Melalui website besutan PT. Pusat Kreatif Indonesia (Kreatindo.com) portal satu data kependudukan kelurahan Tegalgede bisa dibangun secara dinamis dan apik.