Binis Lancar Lewat Layanan Satu Portal

  • Nov 06, 2023
  • ARIEF
  • INFO UMKM

KIM Tegalgede -  Salah satu potensi unggulan kelurahan Tegalgede adalah ketersediaan rumah kos yang banyak dan potensi ini bisa dikembangkan jika diintegrasikan melalui aplikasi layanan portal daring tunggal. Layaknya aplikasi belanja daring yang mengakomodir seluruh lapak, maka Tegalgede punya portal kelurahan yang mengakomodir seluruh rumah kos.

Melalui aplikasi ini mahasiswa yang mencari rumah kos dipermudah. Ada keterangan harga, lokasi, gambar rumah kos, gambar kamar kos, alamat lengkap dan pemesanan langsung melalui narahubung yang tertera. Penawaran dan permintaan langsung bisa bertransaksi tanpa perantara atau pihak ketiga. Pihak kelurahan dalam hal ini hanya sebagai penyedia layanan portal daring.

Layanan portal daring kelurahan tidak hanya mengelola rumah kos saja tetapi juga UMKM yang tersebar di wilayah RW 01 - 08. Sementara ini, dari sekian banyak UMKM yang ada di Tegalgede, yang masuk dan terekam di portal daring sebanyak 47 UMKM. Jumlah ini tentu akan bertambah ketika wacana layanan ini semakin dikenal oleh masyarakat umum.

Keberhasilan layanan portal daring ini tidak lepas dari dukungan BPS, Diskominfo, dan masyarakat Tegalgede yang sudah mau mengisi data yang dibutuhkan. Dari masyarakat dan kembali lagi ke masyarakat. Dengan motto pihak kelurahan Tegalgede berusaha semaksimal mungkin untuk mengembangkan layanan portal daring kelurahan.

Berikut kami sisipkan layanan portal yang bisa diakses secara umum.

Portal Satu Data : https://kelurahan-tegalgede.jemberkab.go.id/

Info Rumah Kos : https://kelurahan-tegalgede.jemberkab.go.id/rumah-kost

Info UMKM : https://kelurahan-tegalgede.jemberkab.go.id/umkm

Sedangkan untuk wirausahawan di wilayah Tegalgede yang ingin mempromosikan produk UMKM dan rumah kos disediakan pula portal khusus. Berikut adalah layanan protal yang bisa diakses penuh bagi pelaku usaha https://kelurahan-tegalgede.jemberkab.go.id/auth/register